Standar Teknik
Standard Teknik adalah serangkaian eksplisit syarat yang harus dilengkapi oleh bahan, produk, atau layanan. Jika bahan, produk atau jasa gagal melengkapi satu atau lebih dari spesifikasi yang berlaku, kemungkinan akan disebut sebagai berada di luar spesifikasi. Sebuah standard teknik dapat dikembangkan secara pribadi, misalnya oleh suatu perusahaan, badan pengawas, militer, dll: ini biasanya di bawah payung suatu sistem manajemen mutu . juga dapat dikembangkan dengan standar organisasi yang memiliki lebih beragam input dan biasanya dikembangkan dengan sukarela standar : ini bisa menjadi wajib jika diadopsi oleh suatu pemerintahan,kontrakbisnis,dll.Istilah standard teknik yang digunakan sehubungan dengan lembar data (atau lembar spec). Sebuah lembar data biasanya digunakan untuk komunikasi teknis untuk menggambarkan karakteristik teknis dari suatu item atau produk. Hal ini dapat diterbitkan oleh produsen untuk membantu orang memilih produk atau untuk membantu menggunakan produk.
Macam-macam standar teknik
- ANSI ( American National Standard Institute )
- ASME ( American Society of Mechanical Engineer )
- JIS (JAPANESE INDUSTRIAL STANDARD)
- SNI (STANDAR NASIONAL INDONESIA)
- ASTM (American Society for Testing and Materials)
- TEMA (Tubular Exchanger Manufacturers Association)
- DIN ( Deutsches Institut fur Normung )
- API ( American Petroleum Institute )
- ISO ( International Standard Organitation )
- AWS ( Alliance for Water Stewardship )
- NEN (Nederlands Norm).
Standar Manajemen
Standar manajemen adalah struktur tugas, prosedur kerja, sistem manajemen dan standar kerja dalam bidang kelembagaan, usaha serta keuangan. Namun pengertian standar manajemen akan lebih spesifik jika menjadi standar manajemen mutu, untuk mendukung standarisasi pada setiap mutu produk yang di hasilkan perusahan maka hadirlah Organisasi Internasional untuk Standarisasi yaitu Internasional Organization for Standardization (ISO) berperan sebagai badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil badan standarisasi nasional setiap negara.
ISO didirikan pada 23 februari 1947, ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia, ISO adalah jaringan institusi standar nasional dari 148 negara, pada dasarnya satu anggota pernegara, ISO bukan organisasi pemerintah ISO menempati posisi spesial diantara pemerintah dan swasta. Oleh karena itu, ISO mampu bertindak sebagai organisasi yang menjembatani dimana konsensus dapat diperoleh pada pemecahan masalah yang mempertemukan kebutuhan bisnis dan kebutuhan masyarakat.
Proses sertifikasi untuk persyaratan Standar Sistem Manajemen Mutu, misalnya ISO 9001:2000, adalah diakui sebagai suatu upaya dan cara uji dari peningkatan kinerja dan produktifitas perusahaan dan juga sebagai pembanding terhadap hasil kerja dan pencapaian keunggulan bisnis. Yang dimaksud mutu disini adalah gambaran dan karakteristik konsumen atau pelanggan dari barang atau jasa yang menunjukan kemampuannya dalam memuaskan konsumen sesuai dengan kebutuhan yang di tentukan.
Contoh Penerapan atau Penggunaan Standar Teknik dan Manajemen:
Penerapan standar sistem manajemen mutu (ISO) 9001 : 2008 Pada kontraktor PT. Tunas Jaya Sanur
Salah satu contoh penerapannya adalah pada salah satu jurnal ilmiah
tentang penerapan standar sistem manajemen mutu (ISO) 9001:2008 pada
kontraktor PT. Tunas Jaya Sanur. Dari hasil analisis penerapan sistem
manajemen mutu ISO 9001:2008 pada proyek Pembangunan Apartment &
Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel oleh PT. Tunas Jaya Sanur, dapat
disimpulkan bahwaTingkat penerapan ISO 9001:2008 PT. Tunas Jaya Sanur pada proyek Pembangunan Apartment & Shopping Arcade Sea Sentosa Hotel sebesar 85,69% termasuk dalam kategori baik sekali (81% sampai dengan 100%). Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 adalah faktor tenaga kerja (SDM), metode atau prosedur kerja, material, dan form atau dokumen tidak mencapai.
Sumber :
http://ojs.unud.ac.id/index.php/jieits/article/viewFile/5096/3883
Standar Teknik adalah serangkaian eksplisit syarat yang harus
dilengkapi oleh BAHAN, PRODUK, atau LAYANAN. Jika bahan, produk atau jasa gagal
melengkapi satu atau lebih dari spesifikasi yang berlaku, kemungkinan akan
disebut sebagai berada di LUAR SPESIFIKASI. Standard teknik merupakan jenis
sebuah standar yang sering dirujuk oleh suatu kontrak atau dokumen pengadaan. Standard
teknik dapat ditulis oleh instansi pemerintah, organisasi standar(ASTM, ISO,
CEN, dll)asosiasi perdagangan,perusahaan,dan lain-lain.
ASME (American Society of Mechanical Engineer) Merupakan organisasi non profit yang bergerak
di bidang standarisasiteknik khususnya bidang teknik mesin. Organisasi ini
dikenal untuk menetapkan kode dan standar untuk perangkat mekanis.ASME
melakukan salah satu operasi terbesar di dunia penerbitan teknis melalui ASME
Press, menyelenggarakan konferensi bidang teknis dan mengadakan kursus
pengembangan profesional setiap tahun, dan mensponsori program pendidikan
khususnya bidang teknik. ANSI (American National Standards Institute) ANSI
memiliki kapasitas sebagai administrator dan koordinator sistem standarisasi di
USA selama lebih dari 90 tahun. Berdiri sejak tahun 1918, didirikan oleh 5 kelompok
engineering dan 3 badan pemerintahan, sebagai organisasi non profit yang
didukung oleh organisasi pemerintah maupun sektor swasta. ANSI memperkenalkan
penggunaan standar internasional baik untuk sektor bisnis, kebijakan teknis
secara nasional dan internasional. SNI (STANDAR NASIONAL INDONESIA) adalah satu
satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia. SNI dirumuskan oleh
Panitia Teknis dan ditetapkan oleh BSN, Agar SNI memperoleh keberterimaan yang
luas antara para stakeholder, maka SNI dirumuskan dengan memenuhi WTO Code of
good practice, yaitu:
A.
Openess
(keterbukaan)
Terbuka bagi agar semua stakeholder
yang berkepentingan dapat berpartisipasi dalam pengembangan SNI.
B.
Transparency
(transparansi)
Transparan agar semua stakeholder yang
berkepentingan dapat mengikuti perkembangan SNI mulai dari tahap pemrograman
dan perumusan sampai ke tahap penetapannya. Dan dapat dengan mudah memperoleh
semua informsi yang berkaitan dengan pengembangan SNI.
C. Consensus and impartiality (konsensus
dan tidak memihak)
Tidak memihak dan konsensus agar
semua stakeholder dapat menyalurkan kepentingannya dan diperlakukan secara
adil.
D.
Effectiveness
and relevance
Efektif dan relevan agar dapat
memfasilitasi perdagangan karena memperhatikan kebutuhan pasar dan tidak
bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
E.
Coherence
Koheren dengan pengembangan standar
internasional agar perkembangan pasar negara kita tidak terisolasi dari perkembangan
pasar global dan memperlancar perdagangan internasional.
F.
Development
dimension (berdimensi pembangunan)
Berdimensi pembangunan agar
memperhatikan kepentingan publik dan kepentingan nasional dalam meningkatkan
daya saing perekonomian nasional.
ISO 9001 adalah standar
internasional yang diakui dunia untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM)
dan bersifat global. SMM menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan dan
seperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata
dalam aktifitas rutin perusahaan. Sistem ini besifat umum dan dapat diterapkan
untuk berbagai jenis organisasi dan industri. Sistem ini juga bersifat fleksibel
untuk mengarahkan berbagai organisasi dan industri dalam mencapai efisiensi dan
efektifitas dalam pengelolaannya untuk mencapai kepuasan pelanggan. ISO 14001 =
Standar Lingkungan ISO 14001 dipelajari oleh berbagai bidang pendidikan namun
tidak “ seumum” ISO 9001 yang banyak ditemui di bidang apa saja. Sistem
manajemen ini banyak ditemui pada bidang teknik lingkungan. Selain itu sistem
manajemen ini juga mempunyai kaitan dengan bidang ergonomi (teknik industri)
terutama pada kuliah manajemen limbah industri. Seperti telah disebutkan
sebelumnya bahwa bidang lingkungan hidup atau ekologi dan ergonomi mempunyai
hubungan yang cukup kuat.
OHSAS 18001 = Standar Keselamatan dan Kesehatan adalah suatu
standard internasional untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan
Kesehatan Kerja di tempat kerja/perusahaan. Banyak organisasi di berbagai
negaratelah mengadopsi OHSAS 18001 untuk mendorong penerapan keselamatan dan
kesehatan kerja denganmelaksanakan prosedur yang mengharuskan organisasisecara
konsisten mengidentifikasi dan mengendalikan resiko bahayaterhadap keselamatan
dan kesehatan di tempat kerja serta memperbaiki kinerja dan citra perusahaan.
Sumber:
dian.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/42719/ETIKA+PROFESI+%283%29.pdf
- See more at: http://zikriakbar12.blogspot.co.id/2017/05/contoh-penerapan-atau-penggunaan.html#sthash.XBC92rO9.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar